Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan Hal ini Ketika Akan Membangun Rumah Tempat Tinggal

Akriko.com - Halo Jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan sedikit tips ketika kamu akan membangun rumah tempat tinggal, terutama untuk orang Hindu Bali yang memiliki lahan rumah yang tidak begitu luas.



Memiliki rumah merupakan impian setiap keluarga sehingga bisa tinggal di rumah sendiri dengan nyaman bersama keluarga tercinta tanpa harus merasa terawasi ketika kita masih menumpang.

Kadang ada orang yang melupakan hal-hal yang penting saat membangun rumah, jadi ketika rumah sudah selesai, baru sadar kalau tidak ada tempat ini dan posisi dapur atau WC salah tempat dll.


Apa saja yang harus diperhatikan saat akan membangun rumah tinggal terutama untuk orang Hindu.

  1. Pertama sudah pasti lokasi tanah, pastikan tanah berlokasi di pinggir jalan, baik jalan besar atau jalan gang, kalau tidak dipinggir jalan, bagaimana kita bisa keluar atau masuk ke rumah kalau tidak berada di pinggir jalan.
  2. Perhatikan juga luan (kaja Kangin) dan teben (Kelod kauh) karna hal ini sangat penting bagi umat Hindu karna dalam setiap rumah pasti akan ada sanggah setidaknya turus lumbung yang lokasinya akan berada di pojok kaja kangin.
  3. Usahakan tanah yang akan di bangun rumah, bagian kaja kangin lebih tinggi dari bagian kaje kelod jika memungkinkan. Kadang ada pintu keluar rumah berada di selatan atau di Timur maka sudah pasti bagian luan berada di depan, jadi ini lebih bagus, bagian tempat suci bisa berada di bagian depan.
  4. Pastikan kamu membangun sanggah berada pada sisi luan atau kaja kangin karena ini bagian suci dari sebuah rumah.
  5. Bagaimanapun situasinya, usahakan membangun WC/Kamar mandi dan dapur pada bagian teben atau kelod kauh supaya tempat romon tidak jadi satu dengan tempat suci.
  6. Kadang ada rumah yang pintu keluarnya harus berada di sisi kelod atau kauh karena posisi jalan berada di sana maka otomatis bagian selatan/kaja menjadi seperti teben.
  7. dari poin nomor 5, Kadang karna supaya WC dapur berada di belakang maka dapur di buat di depan sanggah, atau berada di luan, ini sangat tidak cocok dengan kawasan suci, suatu saat pasti akan menyesal membuat WC atau Dapur di sebelah Sanggah.
  8. Paling penting saat membangun rumah itu harus ada gambar dan supaya RAB kita jelas dan bisa menyelesaikan rumah sesuai budget yang kita punya.
Nah itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan membangun rumah, di Bali biasanya bagian dapur, WC, Rumah dan Sanggah itu terpisah, oleh sebab itu biasanya tanah akan di bagi menjadi tiga untuk lokasi rumah, Dapur dan WC serta Sanggah.

Nah jika komposisi itu sudah diperhatikan maka dikemudian hari kamu akan sangat mudah untuk merenovasi rumah dan juga tatanan rumah akan terlihat rapi.

Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Perhatikan Hal ini Ketika Akan Membangun Rumah Tempat Tinggal"