Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melindungi Privasi Foto Kita di Sosial Media

Akriko.com - Halo, jumpa lagi dengan saya. Kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara melindungi privasi kita di sosial media. 

Nah, belakangan ini saya sering melihat postingan kalau ada orang yang tidak bertanggung jawab mencomot foto orang tertentu untuk dipakai sebagai foto profil dari akun WhatsApp yang dipakai untuk tindakan yang tidak bertanggung jawab. 

Nah, orang-orang yang diambil fotonya ini adalah biasanya orang-orang yang memiliki profesi penting seperti Akademisi, pejabat bahkan profesi polisi pun tidak luput fotonya diambil.

Orang-orang penting seperti itu lebih besar kemungkinan fotonya di curi oleh orang yang tidak bertanggung jawab, ketimbang orang biasa yang tidak punya jabatan atau profesi penting.

Nah, tujuan dari mengambil foto ini adalah untuk melakukan perbuatan yang tidak bertanggung jawab seperti menipu atau yang lain yang merugikan orang lain.

Dari mana mereka mengambil foto? Jawabannya tentu dari sosial media yang kita punya, siapa pun bisa melihat dan mengunduh foto kita di facebook kalau privasinya publik. Nah dari situlah celah orang mencuri foto kita di sosial media.

Nah, supaya foto kita tidak mudah diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab, maka kita perlu atur privasi foto yang kita unggah di sosial media seperti facebook.

Nah seperti apa cara melindungi foto kita supaya tidak mudah dicomot oleh orang lain atau orang yang tidak bertanggung jawab? 

Nah, pertama saat kita posting foto di sosial media seperti Facebook kalau itu foto pribadi atau tentang diri kita, sebaiknya jangan di posting dengan privasi yang publik. Pakailah privasi tertentu misalnya hanya teman yang bisa melihat.

Begitu juga saat unggah foto anak kita di facebook, jangan di publik, bila perlu kurangi unggah foto atau video anak di facebook, jika ingin unggah sebaiknya unggah dalam satu album yang hanya bisa dilihat oleh kita sendiri atau hanya keluarga saja yang bisa melihat.

Nah, selanjutnya jika memungkinkan, buatlah album tertentu saat kita unggah foto atau video di sosial media atau Facebook. 

Nah, jalan terakhir adalah ketika kamu tidak ingin foto kamu dicomot atau dilihat orang lain yang tidak berteman dengan kamu di Facebook, ada baiknya kita kunci profil kita. 

Nah, profil kita dikunci, nanti orang yang tidak berteman dengan kita tidak bisa melihat media atau apapun yang ada di postingan kita. Kecuali kita ditambahkan sebagai teman. 

Jangan konfirmasi pertemanan dari orang yang tidak kita kenal di dunia nyata, nah kadang hal ini hanya modus supaya mereka menguntit profil kita untuk mencuri foto atau hal yang lain yang pernah kita unggah di facebook.

Jangan hanya untuk mengejar like dan komentar dan supaya banyak orang yang melihat foto atau postingan kita, maka semuanya di publikasikan dengan privasi Publik.

Sebaiknya kita pilah mana postingan yang bisa dilihat oleh publik dan mana postingan yang harus kita batasi sehingga tidak semua orang bisa melihat foto/postingan kita di facebook.

Nah, mungkin hanya itu tips kali ini tentang cara melindungi privasi pada sosial media. Semoga bermanfaat dan terima kasih. 

Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Cara Melindungi Privasi Foto Kita di Sosial Media"